Minggu, 20 November 2011

Defenisi E-commerse & E-Bussines


DEFINISI E-BUSINESS DAN E-COMMERCE

Perkembangan teknologi  (tele)komunikasi dan komputer  menyebabkan  terjadinya  perubahan kultur kita  sehari - hari. Dalam era yang disebut  information age  ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan  untuk   melakukan   komunikasi  dan  bisnis.  E-commerce  merupakan  extension  dari  commerce dengan  mengeksploitasi  media  elektronik.  Meskipun  penggunaan  media elektronik ini belum dimengerti, akan  tetapi  desakan  bisnis  menyebabkan  para pelaku bisnis mau tidak mau harus  menggunakan media elektronik ini.  Sebagai contoh, usaha bisnis harus  memiliki  web site. Kepemilikan web site ini menentukan kredibilitas dari perusahaan yang hampir sama dengan kepemilikan telepon bagi sebuah usaha bisnis.

Definisi E-Commerce menurut Kenneth C. Laudon and J.P Laudon ( 2010) :
“E-commerce refers to the use of the Internet and the Web to transact business. More formally, e-commerce is about digitally enabled commercial transactions between and among organizations and individuals.”  Dengan kata lain, E-Commerce merupakan penggunaan Internet dan Web dalam melakukan transaksi bisnis dan E-commerce secara digital mampu mempermudah transaksi komersial antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan esensial saat ini dalam dunia bisnis global seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan kita. Selain sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi, menekan biaya serta memberikan akses yang lebih luas bagi partner dan pelanggan perusahaan. E-Commerce adalah penggunaan komunikasi elektronik dan informasi digital yang memproses teknologi didalam transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan menegaskan kembali hubungan untuk menciptakan nilai antar organisasi dan antara organisasi dengan individu.
E-Commerce menggambarkan proses pembelian, penjualan, pemindahan, pelayanan atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer termasuk juga Internet. Sedangkan E-Business berkenaan dengan E-Commerce yang  lebih luas lagi definisinya yaitu tidak hanya sekedar pembelian dan penjualan barang dan jasa namun juga pelayanan pelanggan, kerjasama antar business partner, pengadaan e-learning dan pengadaan transaksi elektronik antar suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar