Sabtu, 14 Januari 2012

5 Hal Kebaikan Dunia & Akhirat


5 Hal Untuk Kebaikan Dunia & Akhirat

- Muhasabah diri


Merenung dan mendapati segala sesuatu yang ada di dalam diri kita. Terlebih semua hal yang buruk yang ada di dalam diri. Dengan muhasabah ini kita bisa mengetahui sejauh mana kita, sudah baik atau masih banyak yang harus diperbaiki. Selain itu, Dengan bermuhasabah kita akan merasakan kelapangan di dalam jiwa dan hati, lahir dan bathin serta hati akan bersyukur karena seseorang yang bermuhasabah berarti telah berusaha untuk lebih dekat dengan Allah SWT. dan Allah jugalah yang akan menuntun serta membimbing ke jalan-Nya.


- Muqorobah


Keadaan seseorang meyakini sepenuh hati bahwa Allah selalu melihat dan mengawasi kita. Tuhan mengetahui seluruh gerak-gerik kita dan bahkan segala yang terlintas dalam hati diketahui Allah. Sehingga Seseorang yang bermoqorobah akan menjaga anggota tubuhnya dari berbuat dosa.(Walijo.com)

- Sabar


Dalam hal ini kita memang akan selalu dihadapi dengan cobaan/ujian, dimana ada masalah baik itu pada diri kita, keluarga, ataupun lingkungan sekitar. "jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu. sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. dalam perjalanan hidup ini kita benar-benar dituntut untuk sabar dalam artian tahan uji akan semua yang terjadi. baik itu, kelaparan, peperangan ataupun kematian. kita benar-benar akan diuji untuk mengetahui sejauh mana tingkat ketaqwaan kita kepada Allah. jika kita bisa melewati semua ujian maka kebahagian akan kita dapati terutama kita akan mendapatkan sayangnya Allah baik di dunia wal akhirat.

- Tawakkal

Tawakkal berarti menyerahkan segala sesuatu pada Allah. dalam artian hanya menggantungkan segalanya pada Allah dan tidak pada selain Allah. misal: kita bercita-cita untuk mencapai sesuatu yang baik. ketika kita menjalani usaha  untuk tujuan tadi kita lakukan karena Allah, kita iringi semua usaha dengan do'a-memohon kepada Allah agar diberi kemudahan. apapun yang kita lakukan hanya karena Allah, bukan karena sukses, keluarga, kekasih, teman atau siapun kecuali Allah SWT. . seandainya pun tujuan itu tidak dapat tercapai maka kita harus bersabar dan menyerahkan semuanya kepada Allah tanpa adanya perasaan mengeluh dan putus asa. itulah salah satu contoh tawakkal.

          3 hal kategori tawakkal:
          - menyerahkan semua usaha hanya kepada Allah
          - bersyukur & menjaga semua yang telah di dapat
            - berusaha lebih & tidak putus asa jika mengalami kegagalan


- Membelanjakan rizqi di jalan Allah

Memang telah menjadi kewajiban kita untuk memanfaatkan rizqi yang allah berikan untuk kemaslahatan/ kebaikan. misal : memberikan sebagian rizqi untuk membantu kaum yang kurang mampu atau yang tergolong berhak menerima zakat. membelanjakan rizqi/ harta ini juga berkaitan dengan zakat namun tidak hanya itu, membantu saudara seiman seaqidah , menyantuni anak yatim, membangun masjid/tempat pendidikan agama dan sebagainya. namun tidak jarang orang yang dikaruniai harta yang berlimpah lupa dan menghambur-hamburkan hartanya pada kemaksiatan dan keburukan.


Mencoba untuk mengurai kembali dari Khutbah Jum'at tanggal 13 Januari 2012, kurang lebih kemaren, seandainya ada yang kurang tepat tolong diberi komentarnya dan apabila ada baiknya semoga bisa kita terapkan dalam hidup kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar