Jumat, 20 Januari 2012

KSL Polsky

Sejarah KSL Polsky
 
KSL berawal dari inspirasi dosen  yang baru saja menyelesaikan studinya. Setelah beberapa waktu terdengar gema KSL(Komunitas Studi Linux) di lingkungan kampus Politeknik Sekayu. kemarin, dalam pertemuan pertama KSL Telah ditetapkan bahwa hari jadi KSL Politeknik Sekayu jatuh pada hari kamis tepatnya tanggal 19 Januari 2012.
Selain menetapkan hari berdirinya KSL, dalam pertemuan awal ini telah dipilih juga koordinator KSL yaitu saudara Hikmat Permana dan Meigi Rahman. Dimana mereka diharapkan bisa berperan menjadi jembatan komunikasi antar anggota.
 
Kemudian dipilih juga bendahara KSL untuk mengelolah kebutuhan Komunitas yakni sumbangsi masing-masing anggota untuk mengadakan khas dana komunitas. maka terpilihlah Fitria Anjelina & Riska sebagai bendahara. Dana khas ini diperuntuhkan untuk kebutuhan komunitas sendiri baik itu kebutuhan dalam setiap pertemuan atau keperluan yang bisa mendukung kemajuan komunitas sendiri. Diantaranya menjadi langganan sebuah majalah mengenai perkembangan linux khususnya Ubuntu. Selain itu diharapkan dari  komunitas dapat mengadakan seminar dan memberikan apresiasi kepada segenap anggota berupa sertifikat untuk kepentingan anggota di masa yang akan datang. Kemudian telah dijelskan juga sedikit mengenai tujuan dari komunitas linux ini yaitu untuk mengubah pola pikir/paradigma terhadap penggunaan dengan cara membajak/nonoriginal. Karena linux merupakan sistem operasi yang open source/free install maka pembajakan terhadap sistem operasi maupun aplikasi dapat diatasi. Open source/free install bukan berarti pengguna tidak mempu membayar tetapi linux memang menyediakan hal tersebut. Selain itu, dengan linux penggunanya dapat melakukan hal yang bernilai lebih untuk meningkatkan penggunaan dari sebuah PC/laptop. diantaranya yaitu dengan linux kita dapat membangun DNS server, proxy server, VPN server, manajemen bandwidth, sequrity jaringan dan lain sebagainya. Kemudian dijelaskan juga, mengapa kita memilih linux Ubuntu?, jawabannya yaitu telah banyaknya komunitas atau forum yang menggunakan linux Ubuntu sehingga informasi yang tersedia lebih luas dibanding dengan linux jenis lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar